Senin, 14 April 2008

Air Sumber Kehidupan

Manusia tidak dapat hidup tampa air. Air adalah sumber kehidupan di muka bumi ini. Ketika krisis air melanda sebagian wilayah di Provinsi Jawa Tengah ini, semua daya dan upaya dikerahkan untuk mengatasi persoalan ini.

Memang benar tampa air kita tidak bisa hidup, hal ini terlihat dari aktifitas masyarakat yang tinggal di kampung Kalitaman Kota Salatiga. Mereka memanfaatkan air yang ditampung dalam tempat tertentu mirip kolam air untuk berbagai aktifitas. Jika ditanya apakah air tersebut memenuhi syarat kesehatan, sudah pasti jawabannya tidak layak. Mengapa ??? Kolam air yang berukuran kira-kira 12 m x 8 m ini sampai pada hari ini masih dipergunakan warga mulai dari mencuci pakai, mencuci piring, membersihkan beras (mususi beras), bahkan mandipun mereka juga di dalam kolam air tersebut. Kondisi ini jelas sangat memprihatinkan, budaya masyarakat dan tingkat pendidikan yang rendah juga membawa dampak terhadap rendahnya pengetahuan warga terhadap sanitasi yang sehat dan bersih.

Meski pemerintah kota sudah membuatkan MCK Plus yang didanai dari proyek SANIMAS (sanitasi Berbasis Masyarakat) senilai 300 juta, ternyata masih banyak warga yang enggan memanfaatkan fasilitas umum tersebut. Padahal jarak antara lokasi SANIMAS yang berujud MCK Plus hanya berjarak tidak lebih dari 200 m. Sungguh ironis sekali, kondisi ini bisa jadi merupakan potret sebagian besar masyarakat kita yang sebagian adalah rakyat kecil dan warga miskin.

DSCF0018


1 komentar:

Anonim mengatakan...

yth mas Bagus,

saya tertarik tentang proyek sanimas untuk skala kecil, adakah referensinya selain dari BORDA?

terimakasih,
bayu - niscayasegera.blogspot.com